Sony akan tutup PlayStation Store untuk PS3, PS Vita, dan PSP

Sony akan tutup PlayStation Store untuk PS3, PS Vita, dan PSP

Jakarta (ANTARA) – Sony resmi menutup PlayStation Store untuk sejumlah perangkatnya, yakni PlayStation 3, PS Vita, dan PlayStation Portable (PSP).

Dikutip dari The Verge, Kamis, PlayStation Store akan hengkang untuk PS3 pada 2 Juli, diikuti dengan penutupan toko untuk perangkat Vita pada 27 Agustus. Penonaktifan ini berarti pengguna tidak lagi dapat membeli salinan digital permainan atau DLC untuk PS3 dan Vita. Sony juga menghapus fungsionalitas pembelian yang tersisa untuk PSP pada tanggal 2 Juli.

Untungnya, pengguna masih bisa mengunduh dan memainkannya permainan, video, dan konten media yang dibeli sebelumnya. Satu-satunya hal yang berubah, setidaknya untuk saat ini, adalah konsumen tidak bisa membeli permainan dan video digital PS3, PS Vita, atau PSP. Beli di permainan juga akan berhenti setelah toko tutup.

Pengguna juga masih bisa membeli konten beli salib setelah ditutup, memungkinkan pengguna untuk mengakses permainan Versi PS3 dan PS Vita / PSP disertakan dengan dukungan beli salib.

Berita penutupan awalnya muncul minggu lalu dari TheGamer, dan banyak yang khawatir penutupan tersebut akan mencegah orang mengunduh permainan ke perangkat mereka.

Satu-satunya hal yang benar-benar berubah di sini adalah konsumen tidak dapat membeli permainan dan konten digital baru kecuali permainan itu memiliki dukungan beli salib.

Sony PS3 pertama kali diluncurkan pada November 2006, dan lebih dari 80 juta konsol terjual secara total. Harga Vita memang tidak terlalu bagus, dengan total penjualan lebih dari 10 juta unit, namun PSP menjadi hit dengan penjualan lebih dari 80 juta selama 10 tahun.

Baca juga: PlayStation Store PS3 dan PS Vita akan tutup Juli

Baca juga: 5 game terbaik di PS3

Baca:  PUBG Mobile kembali masuk India, sesuaikan budaya lokal

Baca juga: Sony menghentikan produksi PS2 di Jepang

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2021