Sony hadirkan driver baru dukung Linux untuk kontroler PS5

Sony hadirkan driver baru dukung Linux untuk kontroler PS5

Jakarta (ANTARA) – Sony merilis driver kernel Linux "hid-PlayStation" terbaru yang mendukung kontroler DualSense PlayStation 5.

Dikutip dari Gizchina, Minggu, driver ini juga akan mendukung perangkat keras PlayStation lain di Linux. Selain itu, drive kernel Linux baru untuk mendukung pengontrol DualSense dalam mode USB dan Bluetooth. Dukungan juga termasuk sensor gerak, lampu LED, bantalan sentuh, dan bilah lampu.

Baca juga: Sony memastikan game PS5 tidak terbatas di area dan mendukung PS Now

Dengan pengumuman driver baru, Sony juga berencana untuk memindahkan beberapa dukungan perangkat keras Sony Interactive Entertainment (SIE) dari drive "hid-sony" yang ada ke drive "hid-PlayStation". Bentuk awal drive ini adalah memiliki lebih dari 1.400 baris kode untuk memenuhi kebutuhan pengontrol PS5.

Sony PlayStation 5 menggunakan CPU inti AMD 8 Zen 2 3,5GHz khusus, GPU RDNA 2 khusus yang berisi 36 set unit CU, kemampuan komputasi floating point 10,28 TFLOP, memori GDDR6 16 GB, SSD 825 GB khusus, dan Blu-Drive Rays UHD 4K.

SSD adalah kunci untuk meningkatkan kinerja PS5. Waktu pencarian PS4 dikatakan memakan waktu 2-50 detik, sedangkan PS5 hampir seketika. Dari segi kecepatan loading, PS5 dikatakan mampu memuat memori 2GB dalam 0,27 detik, sedangkan PS4 membutuhkan 20 detik untuk memuat 1GB.

Sony percaya bahwa SSD baru ini akan meningkatkan kecepatan memuat game PS5 secara signifikan. Menurut perusahaan tersebut, game tersebut dapat diluncurkan dalam satu detik tanpa waktu buka.

Baca juga: PlayStation 5 sudah bisa dipesan di Indonesia mulai hari ini

Baca juga: Sony menarik "Cyberpunk 2077" dari PlayStation Store

Baca juga: Sony Mematenkan Konsol GPU Ganda, PS5 Pro?

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020

Baca:  Kemarin, suami Inul cukur kumis hingga Sony tarik "Cyberpunk 2077"