Spesifikasi Xbox Series S dibandingkan dengan Xbox Series X

Spesifikasi Xbox Series S dibandingkan dengan Xbox Series X

Jakarta (ANTARA) – Microsoft akhirnya mengungkap spesifikasi konsol baru Xbox Series S yang akan hadir pada 10 November mendatang.

Perangkat ini memiliki resolusi 1440p, menggunakan CPU yang sama dengan Xbox Series X yang berjalan pada 3.6Hz. Angka ini sedikit lebih lambat dari kecepatan 3.8Hz pada Seri X.

"Perbedaan utama antara Xbox Series X dan S adalah GPU," kata direktur pelaksana program Microsoft untuk Xbox Jason Ronald seperti dikutip oleh The Verge, Kamis.

Xbox Series X (news.xbox.com)

Sementara itu, jika dibandingkan dengan performa Xbox One, kepala rekayasa platform dan perangkat keras di Xbox, Liz Hamren, mengatakan Xbox Series S menyediakan empat kali kekuatan pemrosesan konsol Xbox One, dan mendukung pengalaman hingga 120fps.

"Perbedaan utama antara Xbox Series X dan Xbox Series S terletak pada resolusinya. Saat berbicara dengan pelanggan, kami menemukan bahwa banyak penggemar kami lebih memilih framerate daripada resolusi, jadi kami ingin membuat konsol yang tidak memerlukan TV 4K," kata Liz.

GPU yang berbeda membuat Xbox Series S lebih terjangkau. Meski begitu, GPU Seri S dijanjikan akan tiga kali lebih bertenaga dibanding Xbox One.

Xbox Series S memiliki 20 CU pada 1.565GHz dengan kinerja 4 teraflops, sedangkan Xbox Series X memiliki 12.15 teraflop (52 CU pada 1.825 GHz). Ada perbedaan besar di sini, tetapi Microsoft menargetkan Xbox Series S pada monitor dan TV dengan resolusi 1080p atau 1440p.

Xbox Series S menyertakan memori GDDR6 10 GB yang berjalan pada 224 Gbps, sedangkan Xbox Series X hadir dengan 16 GB GDDR6.

Ukuran Xbox Series S dibandingkan dengan Xbox Series X (twitter.com/xbox)

Konsol, yang 60 persen lebih kecil dari Xbox Series X, juga dilengkapi dengan arsitektur Microsoft Xbox Velocity untuk SSD 512GB khusus, yang memungkinkan fitur seperti Quick Resume untuk beralih di antaranya.permainan segera.

Baca:  Binance gelar kompetisi PUBG empat negara

Microsoft menggunakan slot ekspansi yang sama yang tersedia di X Series, yang memungkinkan pemilik Xbox Series S membeli kartu penyimpanan 1TB untuk menambah ruang penyimpanan permainan.

Semua spesifikasi untuk Xbox Series S menunjukkan bahwa konsol tersebut mampu berjalan permainan generasi berikutnya, tetapi dengan resolusi yang lebih rendah daripada Xbox Series X.

Jika Xbox Series X harganya 499 dollar AS (sekitar Rp7,4 juta), versi konsol yang lebih kecil, Xbox Series S ditawarkan dengan harga 299 dollar AS (sekitar Rp4,4 juta).

Baca juga: Microsoft Xbox Series S hadir pada 10 November

Baca juga: Game "Suicide Squad" akan tersedia di PS5 hingga Xbox Series X.

Baca juga: Xbox Series X Akan Hadir November, Ini Perkiraan Harganya

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2020