Turnamen khusus wanita dorong inklusi esports di Indonesia

Turnamen khusus wanita dorong inklusi esports di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebut adanya turnamen atau esports khusus untuk peserta perempuan dapat mendorong masuk dan memfasilitasi pembangunan ekosistem esports di Indonesia yang kini dianggap masih didominasi laki-laki.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi dan Teknologi Informasi (Aptika) dari Direktorat Jenderal Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan dalam pembukaan turnamen. esports "Martabat Srikandi Edisi Kartini" yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perizinan Indonesia (ASENSI) dan merupakan kompetisi khusus bagi peserta wanita untuk memainkan permainan "Mobile Legends" dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021.

Bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkuat talenta perempuan agar mau bergabung dengan ekosistem. esports Indonesia jadi ekosistemnya esports Indonesia semakin inklusif, "kata Semuel dalam sambutan pembukaan Martabat Srikandi Edisi Kartini" yang juga melibatkan Dyandra Promosindo, Selasa.

Selain mendorong masuknya ekosistem, hadirnya turnamen bakat khusus esports Perempuan tersebut juga sejalan dengan misi Presiden Joko Widodo untuk kesetaraan gender di masa kepemimpinan keduanya.

Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi turnamen yang menarik bakat esports perempuan di Indonesia untuk mencapai kesetaraan dalam iklim permainan olahraga.

“Kami berharap ke depan hal serupa bisa membentuk ekosistem esports Indonesia dan mendukung peningkatan jumlah atlet esports di Indonesia agar bisa lebih bersaing di kancah permainan internasional, ”kata Semuel.

Dalam hampir lima tahun, berbasis olahraga permainan atau dikenal sebagai esports berkembang pesat di Indonesia.

Kehadiran turnamen esports Asian Games 2018 di Indonesia tampaknya menjadi momentum untuk semakin berkembangnya olahraga ini.

Namun, melihat masih ada celah antar pemain esports Laki-laki dan perempuan, “Martabat Srikandi” yang diawali oleh Dyandra Promosindo juga hadir untuk memberikan ruang lebih bagi para atlet esports wanita di Indonesia.

Baca:  "Among Us" paling banyak diunduh 2020

Bertepatan dengan Hari Kartini 2021, “Martabat Srikandi” kembali digelar oleh ASENSI dan bersama Dyandra Promosindo mempersembahkan turnamen khusus bagi para atlet putri untuk bertanding memainkan game mobile yaitu “Mobile Legend”.

Ada empat tim yang diundang untuk mengikuti turnamen Kartini Edition, di antaranya tim Evos Lynx, Belleton Era, Alter Ego NYX, serta grup UNKNOWN.

Turnamen tersebut dapat disaksikan langsung pada 27-28 April 2021 melalui Dignity Project Esports dan siaran langsung YouTube ASENSI.
Yang terbaik dari semuanya, artikel ini awalnya diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Kolaborasi dengan Artis Mesir, Free Fire Rilis Karakter Baru "Maro"

Baca juga: Call of Duty: Warzone melampaui 100 juta pemain

Baca juga: UniPin, Riot Games SEA Gelar Lomba Amal Peringati Hari Kartini

Reporter: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2021